Bawah header

Idiom 成語 (Chengyu) : 心服口服 ( xīn fú kǒu fú)


Idiom Mandarin :
心服口服

Pinyin :
 Xīn fú kǒu fú

Lisan :
Xinfu goufu

Idiom lain yang hampir sama :

心悅誠服 :Xīnyuè chéngfú
心悅口服 :xīn yuè kǒufú

Makna :

- 心里和嘴上都信服。形容真心服氣或認輸。
Xīnlǐ hé zuǐ shàng doū xìnfú. Xíngróng zhēnxīn fúqì huò rènshū.

- Hati dan mulut yakin .Menggambarkan ketulusan hati menerima kemenangan dan mengakui kekalahan .
- Yakin dengan tulus , yakin seyakin yakinnya , benar benar yakin .
- Mengakui keunggulan orang lain dengan setulus hati .

Contoh kalimat :

1 . 他會讓你們心服口服的,小阿飛 .
Tā huì ràng nǐmen xīnfú kǒufú de, xiǎo āfēi.
Dia akan membuat kalian benar benar yakin ,Xiao Afei.

2 . 我觉得他说的有理,听得心服口服.
Wǒ juédé tā shuō de yǒulǐ, tīng dé xīnfú kǒufú.
Aku rasa yang dia katakan memang beralasan , mendengarnya sungguh sungguh bisa menerima dengan yakin .

3 . 您可不可以告訴我,我是說給我一個真正能令我心服口服的理由,為什麼我不能接受那筆獎學金?
Nín kěbù kěyǐ gàosù wǒ, wǒ shì shuō gěi wǒ yīgè zhēnzhèng néng lìng wǒ xīnfú kǒufú de lǐyóu, wèishéme wǒ bùnéng jiēshòu nà bǐ jiǎngxuéjīn?
Bisakah anda memberitahu saya , maksudnya berikan saya sebuah alasan yang bisa membuat saya benar benar menerima , mengapa saya tak bisa menerima beasiswa itu ?

Untuk mengetahui idiom dan peribahasa lain dalam bahasa mandarin silakan lihat di :
Idiom Dan Peribahasa Dalam Bahasa Mandarin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel