Bawah header

Mengenal Jenis Kereta Api Di Taiwan 


Belajarmandarin15.blogspot.com - Mengenal Jenis Kereta Api Di Taiwan
Hallo teman teman apa kabarnya ?
Semoga selalu sehat , murah rejeki dan bahagia selalu .Pernahkah teman teman naik kereta api di Taiwan ?
Tentu pernah dong , ya ...di Taiwan kereta api merupakan salah satu alat transportasi yang umum di gunakan .Selain aman juga terhindar dari macet .Bagi teman teman yang suka mabuk kendaraan tentu lebih memilih naik kereta api di bandingkan bis .


Ok , kali ini saya akan mengajak teman teman mengenal beberapa jenis kereta api yang ada di Taiwan . Sama halnya dengan kereta api nyang ada di Indonesia kereta api di Taiwan juga terbagi dari mulai yang lambat , sedikit cepat ,cepat dan super cepat .

1 . 高鐵 - Gāotiě (High Speed Railway) HSR


Kereta Api Cepat Taiwan, atau HSR adalah kereta api tercepat di Taiwan .Kereta ini melayani rute antara Stasiun Utama Taipei dan Zuoying, Kaoshiung. Dengan HSR penumpang dapat melakukan perjalanan antara Taipei dan Kaohsiung dalam sehari.
Di sepanjang “Koridor Barat” Taiwan terdapat 12 stasiun THSR: Nangang, Taipei, Banqiao, Taoyuan, Hsinchu, Miaoli, Taichung, Changhua, Yunlin, Chiayi, Tainan dan Zhuoying. Tentu saja harga tiket kereta ini paling mahal karena sesuai dengan kecepatan ,fasilitas, pelayanan dan kenyamanan.

2 . 台鐵 - Tái tiě( Taiwan Railways Administration )TRA

1.區間車 - Qū jiān chē (Local Train)


Kereta ini biasa di sebut kereta Man Man ( 慢慢 ) karena kereta ini adalah kereta terlambat yang mana di setiap stasiun ia akan berhenti. Di stasiun kecil maupun besar ia kan berhenti jadi lebih lambat sampai ke tempat tujuan .Harga tiket kereta ini lebih murah dibanding lainnya

2.區間快 - Qū jiān kuài (Fast Local Train)

Kereta ini hampir sama dengan kereta diatas hanya saja kecepatan nya agak cepat sedikit dibanding jenis kereta no 1. Untuk harga tiket biasanya sama dengan kereta man man .

3. 莒光號 - Jǔ guāng hào,(Chu Kuang Express)

Kereta 莒光號 lebih cepat dibanding 2 kereta diatas,dan tidak setiap stasiun kecil dia berhenti. Tapi tidak pasti juga , mungkin juga stasiun yang tidak besar jg tidak kecil dia akan berhenti,untuk lebih jelasnya teman teman bisa cek terlebih dahulu di jadwalnya. Harga tiket lebih mahal sedikit dari harga tiket kereta no 1 dan 2.

4.復興號 - Fù xīng hào,(Fuxing Semi Express)

Kereta ini lebih cepat sedikit jika dibandingkan dengan tiga kereta di atas .Kereta ini biasanya akan beroperasi di hari sabtu dan minggu atau di hari libur nasional . Harga tiket pun akan lebih murah/diskon,untuk hari biasa sepertinya jenis kereta ini jarang beroperasi.

5.自強號 - Zì qiáng hào (Tze Chiang Limited Express)


自強號 - Zì qiáng hào  lebih cepat dibanding kereta kereta diatas .Kereta ini hanya berhenti di stasiun stasiun besar .Harga masih bisa dibilang lumayan , tentunya lebih mahal dari kereta di atas . Untuk naik Zi Chiang Hao bisa dengan tiket ataupun tidak . Tapi untuk jarak jauh misalkan Taipei - Taichong di haruskan dengan tiket .

6.太魯閣 - Tài lǔ gé (Taroko)
  普悠瑪 - Pǔ yōu mǎ (Puyuma)


Kedua kereta ini sama adalah  kereta tercepat di bagian kereta Tai tie(台鐵) . Harga tiket hampir sama dengan kereta no 5 Tze qiang hao . Untuk detailnya teman teman bisa cek di daftar harga tiket . Untuk kereta Taroko dan Puyuma harus mempunyai tiket duduk baru boleh naik.
Kereta Taroko/ Puyuma tidak akan menjual tiket tanpa tempat duduk,tidak sama dengan kereta lain nya . Jadi teman teman jika tak membeli tiket kereta ini harap tidak naik , jika tetap memaksa naik teman teman akan terkena denda .

Selain hal hal yang saya tuliskan di atas tentunya masih banyak lagi aturan aturan naik kereta api di Taiwan . Jika teman teman ingin menambahkan silakan komen di bagian kolom komentar atau di fb saya .

Cara untuk naik kerata api baik HSR ataupun TRA akan kita bahas di materi berikutnya .

Kosakata :

1. Kereta api
火車 :  Huǒchē

2 . Stasiun kereta api
火車站 : huǒchē zhàn

3. HSR - High Speed Railway ,kereta api cepat
高鐵  :  gāotiě

4. TRA - Taiwan Railway Administration ,kereta api biasa
台鐵  : tái tiě

5. Tiket kereta api
火車票  : huǒchē piào

6. Naik kereta api
坐火車  : zuò huǒchē

7. Platform
車月  :  yuè tái 台車廂    

8. Jadwal kereta api
火車時刻表 :  Huǒchē shíkè biǎo

9. Nomor gerbong kereta
車廂號  : chēxiāng hào

10. Nomor tempat duduk / Nomor seat
坐位號碼 : zuòwèi hàomǎ

Terima kasih . Bye .

Baca juga : 

● Cara Naik MRT Di Taipei
● Cara Naik Bis Di Taipei

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel