Bawah header

Kosakata Taiyu Dan Contoh Kalimat

Belajarmandarin15.blogspot.com



Hallo sahabat Hokkien ...

Kali ini kita akan belajar lagi tentang beberapa kata sifat dengan contoh kalimat :

1.Sue sue liam  : ngomel ngomel
● Wun ama,thaoca ka epo long sue sue liam be thieng.

◇Nenekku,pagi pagi sampai sore ngomel ngomel tidak berhenti .

2. Hiam  :   mencela
● Thao cere lai taiwan ciok be kuansi,thaoke masi hiam tang hiam sai.I kong gua be hiao co .

◇ Pertama kali datang ke taiwan sangat tdk terbiasa.bos juga mencela ini itu.katanya saya tidak bs kerja

3.Khua lang  bo :  tidak menghargai orang
● Hogia lang ciok khua lang bo san lang .

◇ Orang kaya sangat tidak menghargai orang miskin.

4. Angto  :  angkuh
● I jincia ciok angto,gua ka I ba cio ho.I bo ka gua in.

◇ Dia sangat angkuh,saya menyapanya tapi dia tidak menjawab .

5.Bo khio bin  : tidak mudah balas dendam
(biarpun orang lain pernah menyakiti,tapi tidak skit hati lagi
●Ingkue  I tui gua bo ho,I e ba gua.amko gua bo khio bin.

◇ Dahulu dia memperlakukanku dengan buruk,dia memukulku,tapi aku tidak balas dendam .

6. Kankho  : tidak enak  badan
● Thiki pien ling,akong ce kuikang lang de kangkho.

◇ Cuaca berubah dingin  akong beberapa hari ini sedang tidak enak badan.

7. Kankho  : hidupnya menderita
● In ang kue sin liao ao,I kue liao ciok kangkho.

◇ Setelah suaminya meninggal,hidupnya menderita.

8 . Kankho lang  :  orang miskin
● Citkua kankho lang ti cengkha long si lao hea.

◇ Beberapa orang miskin  ϑ¡ desa adalah semuanya orang tua .

9 . Kankho : sedih
● Gua thia li kong ane simkua lai ciok kangkho .

◇ Aku mendengar kamu ngomong begitu hatiku sedih .

10 . Ciok ho ta   :  sangat berani
● Li cincia ciok ho ta,poa me kati khea otobai tengkhi.

◇ Kamu benar- benar  sangat berani,tengah mlam pergi pulang naik motor sendirian.

11 .Ka  :  berani
● Ama kati cere  tu chu e ma ka,kuansi ala kati kue sinwa.

◇ Nenek  di rumah sendirian juga berani, sudah terbiasa hidup sendiri.

12. Emka  :  tidak berani
● Gua emka ciet chai yong here to a .

◇ Saya tdk berani mengiris sayur pakai pisau itu.

Terima kasih . Semoga bermanfaat.

💖Bety Oktalisa Wijaya💜

🌼 Teman teman yang ingin belajar bahasa Taiyu / Hokkien bisa lihat disini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel