Bawah header

Kalimat Bahasa Taiyu / Hokkien Part 5

Belajarmandarin15.blogspot.com


Hallooo.....
Teman teman masih semangat belajar Taiyu ?
Masih dong...Terlebih untuk teman teman yang bekerja di sektor caretaker menjaga Ama Akong yang kebanyakan berbahasa Taiyu /Hokkien.

Simak yuukkk beberapa kalimat berikut :

~Aku senang punya teman seperti kamu = gua cin huahi u piengyu jhiu li ane

~Aku lapar banget = gua cin yiau

~Perut lapar:patto yiau

~Aku mau ajak kamu pergi = gua bue chua li chut khi

~Aku mau kasih kamu sesuatu =gua bue sang li mingkia

~Aku mau makan dulu  = gua bue lai sieng ciak

~Aku pergi keluar dulu =gua sieng chut khi

~Aku permisi jalan duluan:gua sieng lai cau

~Aku pulang dulu = gua sieng tui/gua sieng tengkhi

~Aku sedang makan nasi =gua ti ciak peng

~Aku sedang nonton TV =Gua ti khua tiensi

~Aku sedang sakit = gua ti phua pe 

~Aku tau kamu bohongi aku = Wa cai li phien gua e

~Aku tidak tau = guaa emcai a

~Ambil nasinya sedikit = T cit kua peng

~Bagus lah kalau gitu =na ane ho lah

~Oh ya ? = Si ma? Sungguh kah ?Cin e ma?

~Berapa duit harga semuanya? = cuanpo/longchong wa cue ci

~Bosen banget lah disini = ti cia ciok mbo liao

~Cantik banget = cin sui

~Galak banget = cin phai

~Ganteng banget =cin entao

~Gatal banget = cin chiu

~Hujannya deras banget = tua loho/loho cin tua

~Hati ku sangat sakit = gua e sim cin thia

~Ibu Guru sudah datang = Laosu lai loh

~Jahat banget kamu sama aku = li tui gua cun phai

~Jam berapa sekarang? = cima Kui tiam 

~Jangan tidur disini = Mai ti cia khun 

~Kamu beli apa? = Li be siami

~Kamu dengan nya gak cocok lah = Li ka i be ha e lah

~Kamu kerja apa? = Li co siami kangkue

~Kamu lagi ngapain = Li ti e cong sia

~Kamu tinggal dimana = Li tua to ui

~Kenapa nangis? = sianua khau

~Kenapa sih kamu marahin aku? = li si anua mei gua/li si anua ma gua?

~ kamu sedang tertawa= Chio li/li ti e chio

~saya lagi belajar bahasa ta'i:gua ti e ou taighi

~Lagi dimana? = ti to ui?

~Lagi nyuci baju = ti e Sei sa 

~Lagu ini enak di dengar =ce cit tiau kua cin ho thia

Lama banget waktunya =sikan ciok khu e

~Mahal banget = cin kui a

~Makan apa? = Ciak siami ?

~Mau beli apa? = Ai be siami

~Sakit kepala lihat kamu= khua li Thau khak e dhia

~Sebenarnya aku sudah bosan dengan dia = gua punlai tui i ciok mbo liao「karena dia membosankan」

~Sebentar ya = sio tan e

~Sedang turun hujan = ti e loho

~kamu Selalu seperti itu= li to si ane lah/li thak pai to si ane

~Senang banget hari ini = kinalit cin huahi 

~Suara mu bagus banget = Li e sia cin ho thia

~Sudah gila kamu = li khi Siau e

~Sudah makan belum? = Ciak pa be ?

~Susah banget sih dapat cewek yang mau sama aku =bue chue cile ai gua e ca mbo lang cin kun nan

~Tadi aku ketemu sama dia = Ta tua gua u tu tio i

~Tadi kamu pergi kemana? = ta tua li khi to ui

~Tidak ada kerjaan = mbo siami kangkue

~kurang kerjaan (ingin ngatain orang bisa bilang(ciok mbo liao)

~Tidak boleh gitu ya = Besai ane yo

~Tidak boleh makan sembarangan = Besai luan/obe ciak

~jangan perdulikan dia = msi Chap i

~Tunggu dulu lah = siotan cile

~Uang ku sudah habis = gua ci yong liau/kai liao

~bagaimana cara menggunakannya:bue anua yong

~Untuk kamu aja = Ho li lah

~Untung ada kamu =ho ka chai u li

~kasih kamu urus sendiri = ho li kakhi chuli 

~saya tidak bisa urus~gua mbo huatto chuli

~tamat~khei siok


💜May💛

Tetap semangat belajar ya....

Materi bahasa Hokkien lain ada di sini : 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel