Bawah header

Mengunjungi Fo Guang Shan Kaoshiung , Biara Terbesar di Taiwan 佛光山佛陀紀念館

Belajarmandarin15.blogspot.com
Hallo teman teman , ini adalah hari ke 3 aku di Kaoshiung , pagi ini aku akan mengunjungi  Fo Guang Shan Kaoshiung , Kuil Budha Terbesar di Taiwan 佛光山佛陀紀念館 .

Fo Guang Shan, kuil Buddha terbesar di Taiwan, mencakup area yang sangat luas, yang paling klasik adalah Fo Guang Shan Buddha Memorial Hall (di dalamnya berisi Big Buddha, toko suvenir, kafetaria, dll.).

Fo Guang Shan Kaoshiung , Kuil Buddha Terbesar di Taiwan 佛光山佛陀紀念館

Alamat :
No. 1, Tongling Road, Distrik Dashu, Kota Kaohsiung
84049 高雄市大樹區統嶺里統嶺路1號

Jam buka:
09:00-18:00 (Senin sampai Kamis, kecuali Selasa)
09:00-19:00 (Sabtu dan Minggu)

Tidak ada tiket masuk . Gratis .

Transportasi :

1 . Dari THSR Zuoying naik bus 哈佛線 ( E02) turun di halte Foguangshan Memorial Hall 佛光山紀念館站

2 . Di Stasiun Kaoshiung sebelah kiri kiri di samping kantor polisi naik bus no. 8010、8011(經佛光山 / lewat Fo Guangshan ), kira kira 30 menit sekali,turun di halte Foguangshan Memorial Hall 佛光山紀念館站

Pagi pagi aku berangkat dari hotel tempat aku menginap , menuju MRT Yanchengpu . Tujuanku hari ini adalah Fo Guangshan Kaohsiung Fo Guang Shan, kuil Buddha terbesar di Taiwan, yang terletak di Distrik Dashu . Tak lupa aku memotret 4 bentuk kartun unik yang terdapat di depan stasiun MRT Yanchengpu exit 2 .

Aku naik MRT menuju MRT Zuoying . Di MRT Zuoying aku keluar exit 1 , lalu menuju halte bus 哈佛線 ( E02 ) , yang ada di depan exit 1 . Oh ya jika teman teman ingin ke Kenting naik busnya juga di halte ini . Bagi teman teman yang naik Gaotie / kereta cepat , teman teman bisa keluar exit 2 lalu turun eskalator , halte ini sudah terlihat .

MRT Zuoying exit 1.

Keluar exit 1 , kita akan melihat tulisan ini . Anak panah menunjukkan dimana halte berada .

Halte bus 哈佛線 ( E02 ) .

Ketika aku sampai di halte bus E02 sudah ada , aku langsung saja naik . Bus terpagi jam 08.00.

Untuk jadwal bus teman teman bisa cek di sini :

Tepat jam 08.00 bus melaju meninggalkan Zuoying . Penumpangnya kebanyakan ibu-ibu  atau biasa dipanggil AYí (Tante). Bus ini melewati jalan tol sehingga penumpang tak diperbolehkan berdiri . Jarak tempuh kurang lebih 30 menit , hanya 3 halte . Untuk naik bus teman teman bisa menggunakan yoyo card , gesek saat naik dan turun . Di halte Fo Guangshan Memorial Hall semua penumpang turun , aku juga . Ternyata para ibu ibu itu datang ke Fo Guangshan untuk berdoa atau mungkin mereka memang bertugas di sana . Seorang ibu memberi tahuku bahwa Fo Guangshan Memorial Hall buka jam 09.00 , ini masih jam 08.30 beliau memberitahuku untuk jalan jalan dulu di taman samping yang sudah buka . Aku pun mengucapkan terima kasih .

Aku melihat peta area Fo Guangshan terlebih dahulu .

Setelah melihat peta Fo Guangshan , aku mengikuti saran ibu tadi untuk masuk ke taman sebelah . Seperti biasa scan kode QR dulu dan ukur suhu badan . Taman sebelah ini mengarah ke Kuil Fo Guangshan 佛光山寺.

Ini adalah beberapa photo yang sempat aku jepret sepanjang jalan .

Papan petunjuk arah .

Kiri kanan penuh dengan tanaman bunga .

Taman bunga mawar yang cantik .

Jika berjalan terus kita akan sampai di Great Buddha Land ini , 大佛城 . Tetapi sayang sekali aku tidak sampai di sini , karena gerimis aku putar balik , kembali ke Fo Guangshan Memorial Hall .

Sampai di bagian depan Fo Guangshan Memorial Hall sudah jam 09.00 lebih , dan sekarang sudah bisa masuk ke dalam .

Gerbang terdepan Fo Guangshan Memorial Hall .

Di bagian depan kita akan  bertemu dengan singa dan gajah di sisi kiri dan kanan pintu, mereka seolah menyambut kedatangan para tamu .

Peta lokasi Fo Guangshan Memorial Hall dan sambutan selamat datang .

Sebelum masuk , seperti biasa kita di minta scan kode QR dan ukur suhu badan .

Setelah melewati pintu kita akan melihat aula yang rapi dan bersuh seluas 1.400 meter persegi, dengan restoran, toko suvenir, dan suasana yang super nyaman .

Petunjuk / arahan mengelilingi Fo Guangshan Memorial Hall.

Ada banyak restoran , kafe , penjual souvenir yang berada di ruang aula .

Keluar dari aula kita akan di suguhi pemandangan yang luar biasa .
Berikut beberapa photo yang sempat aku abadikan . Aku tidak biasa mengelilingi semua area Fo Guangshan Memorial Hall ini , karena cuaca yang tidak mendukung .

Di dalam kuil terdapat 8 pagoda berjajar kiri kanan empat , empat  yang mana setiap pagodanya bisa kita masuki . Tetapi aku ga masuk , takut waktu ga keburu . Aku cuma ambil photo di bagian luar saja .

Great Path to Buddhahood 成佛大道 .

Jejeran pagoda ke  arah pintu gerbang .

Ke arah patung Buddha dengan jarak berbeda .

Patung Buddha dari dekat .

Koridor diantara pagoda .

Fo Guangshan Memorial Hall dari atas .

Sisi kiri dan kanan Great Path to Buddhahood.

Pagoda yang terdapat di sisi kiri dan kanan .

Beberapa penjelasan tentang Fo Guangshan Memorial Hall .

Bagian luar Fo Guangshan Memorial Hall , ke arah gerbang luar .

Itu tadi ya teman teman beberapa photo tentang jalan jalan aku di Fo Guangshan Memorial Hall . Ada beberpa yang buram karena cuaca mendung . Tapi secara keseluruhan asik sekali koq .

Teman teman bisa lihat video jalan jalan di Fo Guang Shan :

Untuk pulangnya aku naik bus yang sama yaitu 哈佛快線 ( E02 ), oh ya bus ini disebut juga
Havard Express Line Bus . Naiknya di halte yang sama dengan saat kita turun tadi , hanya saja kita pastikan dulu bus itu ke arah Zuoying . Teman teman bisa menanyakan dulu dengan pak sopirnya dengan kalimat sederhana : " Hui gaotie zhan ma ? " Mudah kan ...

Jadwal bus kembali ke Zuoying :

Dengan melihat jadwal bus ini teman teman bisa memperkirakan waktu yang pas untuk ke halte , agar tak perlu menunggu lama .

Tiket balik sama 70 NT , bisa dengan menggesek yoyo card. 30 menit kemudian akhirnya aku sampai di THSR Zuoying . Dan selesai sudah jalan jalan ke Fo Guangshan Memorial Hall kali ini . Teman teman yang ke Kaoshiung jangan lupa mampir ke Fo Guangshan ya , aku jamin ga bakalan rugi .
Bye 😘

Bagi yang penasaran bagaimana aku yang tinggal di Taipei bisa sampai main ke Kaoshiung lihat di sini ya :