Bawah header

Jalan Jalan Ke Mercusuar Fuguijiao , Pantai Laomei Green Reef , Dan Laomei Maze ( 富貴角燈塔,老梅綠石槽 ,老梅迷宮 )

Hallo teman teman , apa kabar semua ?
Karena adanya pandemi virus Corona jadinya mimin lama ga upload photo jalan jalan . Kali ini karena keadaan sudah mulai aman , mulai lagi dech jalan jalannya .
Tapi teman teman tetap harus ingat ya , jaga kebersihan , pakai masker dan juga bawa alkohol / hand sanitazer .

Ok , kali ini mimin akan ajak teman teman untuk melihat indahnya pemandangan laut di mercusuar Fuguijiao .
Fuguijiao, yang terletak di ujung paling utara Taiwan, lokasinya masuk je dalam tidak terlihat jelas dari jalan .

Di area ini terdapat 3 titik wisata yang bisa kita kunjungi :

1 . Laomei Maze /老梅迷宮 - Laomei migong
2 . Laomei green reef / 老梅綠石槽 - Laomei luse cao
3 . Mercusuar Fuguijiao - Fuguijiao Lighthouse / 富貴角燈塔 - Fuguijiao dengta

Jadi ibarat pepatah : sekali kayuh dua tiga pulau terlampaui , sekali jalan kita bisa mengunjungi 3 titik wisata .

Lihat videonya yukk :

Area wisata ini terletak di Laomei village , Shimen Distrik , New Taipei City .

Kita mulai perjalanan dari MRT Zhongshan , Taipei City :
- Mimin naik MRT jalur merah dari Stasiun Zhongshan menuju Stasiun Danshui .
- Dari MRT Danshui keluar exit 1 , 2 jalan ke arah kanan menuju terminal bis Danshui .
Di situ akan ada banyak orang yang mengantri bis . Di setiap baris akan ada nomor bis dan rutenya .
- Untuk sampai ke Fuguijiao kita bisa naik bis nomor 716 ,862 dan 863 .
Teman teman antri saja sesuai dengan nomor bis  yang ada .
Di sini mimin sarankan kalau bisa naik bis nomor 716 karena kita bisa langsung ke lokasi wisata .

Jika naik bis nomor 862 , 863 kita perlu berjalan beberapa menit untuk sampai lokasi wisata .
Jika naik bis nomor 862 , 863 teman teman bisa turun di Halte Fuguijiao Cape Lighthouse lalu berjalan melewati Pelabuhan Fuji ke arah mercusuar .
Atau teman teman bisa turun di Halte Laomei , menyeberang jalan ,lalu berjalan masuk ke arah pantai Laomei .

Rute bis 716 sebagai berikut :

Untuk jadwalnya silakan cek di sini :

Terminal bis danshui , di depan cosmed banyak orang mengantri bis :

Hari ini mimin naik bis no 716 turun di halte Fuguijiao , perjalanan dari Danshui hingga ke Fuguijiao kurang lebih 40 menit .

Dari halte kita menyeberang jalan , di situ ada papan petunjuk menuju lokasi wisata . Kita tinggal mengikuti saja petunjuk yang ada .

1 . Laomei Maze /老梅迷宮 - Laomei migong

Dari pintu masuk , berjalan kurang lebih 100 m kita akan sampai pada pertigaan pertama .  Belok ke kanan menuju ke Laomei maze dan toilet .

Untuk sampai ke Laomei maze kita harus berjalan kurang lebih 200 meter . Jika ingin ke toilet dari Laomei Maze berjalan terus ke depan .

Laomei maze adalah bangunan dari batu bata setinggi badan yang berupa labirin , di dalamnya adalah jalan berliku yang bersambung , ada juga yang buntu . Di dua tempat ada tangga agar kita bisa melihat keseluruhan bangunan maze dari atas . Di sarankan untuk tidak menginjak bagian atas maze karena dikhawatirkan bisa merusak bangunan .

Setelah puas berphoto kita lanjutkan perjalanan ke destinasi ke dua , yaitu Laomei Green Reef .

2 . Laomei green reef / 老梅綠石槽 - Laomei luse cao

Untuk ke pantai Laomei kita kembali ke pertigaan tadi , lalu berjalan lurus hingga pertigaan ke dua . Jaraknya gak terlalu jauh koq . Ada papan petunjuk ke arah pantai Laomei .

Jika ingin ke pantai Laomei kita belok kanan , jika ingin ke mercusuar Fuguijiao kita ambil jalan lurus .

Kita ke pantai dulu ya ...

Jalanan ke pantai berupa papan kayu , dan ada tempat istirahat di tepi jalan .

Pantai pasir Laomei yang bersih dan indah . Di sini terdapat peringatan agar kita tidak bermain air .

Laomei Green Reef terkenal karena palung hijau dan paritnya yang diukir dari benteng gunung berapi . Ini adalah pantai pasir yang luas dengan palung batu dan parit yang bertemu di laut bagian tengah. Ganggang warna hijau yang tumbuh di palung batu akan tumbuh subur dari bulan April hingga Mei . Waktu itu adalah saat terbaik untuk berkunjung karena palung batu akan terlihat indah karena permukaannya tertutup ganggang hijau .

Ganggang tersebut perlahan-lahan terbentuk pada musim hujan dan dingin. Kemudian ganggang menghilang di bawah paparan sinar matahari musim panas.

Sayang sekali hari ini saat mimin berkunjung palung palung batu itu tak lagi berwarna hijau dan ombak laut pun sangat besar hingga menutup palung batu tersebut .

Namun begitu pemandangan di pantai pasir Laomei tetap indah dan layak untuk dinikmati .

3 . Mercusuar Fuguijiao - Fuguijiao Lighthouse / 富貴角燈塔 - Fuguijiao dengta

Destinasi berikutnya adalah Mercusuar Fuguijiao atau Fuguijiao Light House .

Untuk sampai ke Mercusuar Fuguijiao kita bisa kembali ke pertigaan kedua tadi atau juga bisa mengambil jalan pintas , yaitu dari pantai mendaki ke arah jalan .

Tapi teman teman harus hati hati ya ...

Pemerintah setempat membangun jalur antara  pantai Laomei dan Fuguijiao Light House (ujung paling utara Taiwan) . Jalur ini adalah tempat yang ideal untuk berjalan-jalan . Sepanjang jakan kita bisa menikmati pemandangan  yang sangat indah , apalagi saat cuaca cerah seperti ini . Meskipun agak panas tapi tak mengurangi keasikan dalam menikmati pemandangan sepanjang jalan .

Berjalan kurang lebih 15 menit , kita sudah bisa melihat mercusuar dari kejauhan .

Rerumputan dan bunga bunga kecil yang tumbuh di jalanan .

Ada begitu banyak orang di sini . Kebanyakan dari mereka datang dari Pelabuhan Fuji . Kalau dari Pelabuhan Fuji bisa langsung ke mercusuar ini .

Bagian depan mercusuar .

Kita bisa masuk ke dalam dan naik ke bagian atas dan menikmati indahnya pemandangan laut .

Ok teman teman sampai di sini dulu jalan jalan kali ini .
Terima kasih .
Bye ...

Untuk melihat jalan jalan Taiwan lainnya , silakan klik link berikut :
* Jalan Jalan Asyik Taiwan.