Bawah header

Kosakata Alat Musik Tradisional Cina dalam Bahasa Mandarin Part 2

Belajarmandarin15.blogspot.com - Kosakata Alat Musik Tradisional Cina dalam Bahasa Mandarin part 2



Teman teman , ni men hao ma ?
Kali ini saya akan melanjutkan artikel kemarin yaitu tentang kosakata alat musik tradisional Cina dalam bahasa Mandarin .

Kosakata alat musik tradisional Cina dalam bahasa Mandarin  part 1 , bisa dilihat di :
Kosakata Alat Musik Tradisional Cina Dalam Bahasa Mandarin.

Kita lanjut ya :

C . Alat musik tiup

1 . Dizi (笛子)
- Suling dengan menggunakan membran getar.
Dizi (笛子)adalah nama alat musik tiup berupa seruling horizontal yang berasal dari Tiongkok. Dizi berawal dari Asia Tengah dan masuk ke Tiongkok pada 2 SM dan mengubah bahan dasar Dizi menjadi bambu. Saat itu Dizi terbuat dari tulang .


2 . Suona (唢呐)
- Terompet Tiongkok.
Suona, juga disebut laba atau haidi, adalah sorna Cina. Suona memiliki suara keras dan bernada tinggi yang khas, dan sering digunakan dalam ansambel musik tradisional Tiongkok, terutama yang tampil di luar ruangan.


3 . Sheng (笙)
- Alat musik yang menggunakan bilah logam dengan tabung-tabung bambu sebagai penghasil suara.
Alat musik ini dibuat dari sejumlah pipa berlidah getar yang diletakkan secara vertikal ke dalam labu kecil berbentuk seperti mangkuk.


4 . Xiao (箫)
- Xiao adalah nama alat musik tiup berupa seruling vertikal yang berasal dari Cina.
Xiao tertua ditemukan di kuburan Raja Zeng di Provinsi Hubei pada tahun 1978. Xiao ini berasal dari Periode Negara Perang dan terdiri dari 13 seruling dengan panjang berbeda.


5 . Paixiao (排箫)
- Paixiao adalah alat musik tiup Tiongkok kuno, bentuk seruling Pan.
Perbedaan utama antara Paixiao Cina dan panpipe yang digunakan dalam tradisi Eropa dan Amerika Selatan, adalah bahwa di bagian atas instrumen Cina lubang pipa masing-masing dipotong miring atau dengan takik.


D . Alat musik pukul (perkusi)

1 . Paigu (排鼓)
- Paigu Cina adalah seperangkat tiga sampai tujuh gendang / drum yang disetel, secara tradisional terbuat dari kayu dengan kepala kulit binatang. Ini dimainkan dengan memukuli kepala dengan tongkat. Kebanyakan drum memiliki dua sisi dan dapat diputar. Kedua belah pihak memiliki laras yang berbeda.


2 . Dagu (大鼓)
- Tambur besar.
Dagu merupakan instrumen drum dalam keluarga instrumen musik perkusi dengan diameter berukuran besar untuk menghasilkan suara dalam intonasi nada rendah. Terdapat tiga klasifikasi umum atas drum bass: drum bas konser, kick drum, dan pitched bass drum.


3 . Chazi (镲子)
- Simbal, cengceng.
Cara memainkan alat musik ceng ceng adalah dengan membenturkan satu sama lainnya.


4 . Luo (锣)
- Gong.
Gong merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong ini digunakan untuk alat musik tradisional.


5 . Muyu (木鱼)
- Kecrek terbuat dari kayu , adalah sebuah instrumen perkusi kayu. Ikan kayu digunakan oleh para biarawan dan jemaatnya dalam tradisi Buddha Mahayana.


Cukup sekian dulu artikel tentang alat musik tradisional Cina . Jika ada yang lainnya silakan ditambahkan di bagian komentar ya .

Xie xie , ai nimen .Bye.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel