Bawah header

25 Contoh Kalimat Perbandingan 比較 (Bijiao)


Hallo sobat Mandarin ...

Belajarmandarin15.blogspot.com - Kali ini kita akan mempelajari tentang contoh kalimat perbandingan , dalam bahasa Mandarin menggunakan kata " 比較 (bijiao)".

Kalimat perbandingan atau di sebut juga kalimat komparatif adalah suatu kalimat yang membandingkan suatu hal dengan hal lainnya.
Teman teman bisa melihat materi terdahulu tentankalimat perbandingan ini di link berikut :
1. KALIMAT PERBANDINGAN PART 1
2. KALIMAT PERBANDINGAN PART 2

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan " 比較 (bijiao)" :

1.老公年紀都比老婆大八到十歲
Lǎogōng niánjì dōu bǐ lǎopó dà bā dào shí suì

Suami delapan hingga sepuluh tahun lebih tua dari istrinya.

2.他比我大
Tā bǐ wǒ dà
Dia lebih tua dari saya.

(kalimat TUA diganti kalimat BESAR ya yang BESAR berarti lebih tua)biasanya banyak yg sensitif jika pakai kalimat (tua).

3.我比他大
Wǒ bǐ tā dà
Aku lebih tua dari dia.

4.他比我高
Tā bǐ wǒ gāo
Dia lebih tinggi dari aku.

5.她比我更友好
Tā bǐ wǒ gèng yǒuhǎo
Dia lebih ramah dariku.

6.他們比你們好
Tāmen bǐ nǐmen hǎo
Mereka lebih baik dari kalian.

7.你們比他們好
Nǐmen bǐ tāmen hǎo
Kalian lebih baik dari mereka.

8.我做的蛋糕比她做的蛋糕更好吃
Wǒ zuò de dàngāo bǐ tā zuò de dàngāo gèng hào chī

Kue yang saya buat lebih lezat/enak dari kue yang dia buat.

9.她比我漂亮
Tā bǐ wǒ piàoliang
Dia lebih cantik dari aku.

10.我的丈夫比她的丈夫更帥的
Wǒ de zhàngfū bǐ tā de zhàngfū gèng shuài de.

Suamiku lebih tampan daripada suaminya.

11.他比我更富有
Tā bǐ wǒ gèng fùyǒu.

Dia lebih kaya dari aku.

12.哪一個比較大?
Nǎ yīgè bǐjiào dà?

Yang mana yang lebih besar?

13.來比比看
Lái bǐbǐ kàn.

Mari untuk membandingkan.

14.你的比較好,我的比較不好
Nǐ de bǐjiào hǎo, wǒ de bǐjiào bù hǎo.

Punya kamu lebih bagus,punya aku lebih tidak bagus.

15.你的比我的更無用
Nǐ de bǐ wǒ de gèng wúyòng.

Milikmu lebih tidak berguna daripada milikku.

16.不要把我和他比較
Bùyào bǎ wǒ hé tā bǐjiào.

Jangan bandingkan aku dengan dia.

17.我跟他不一樣,所以不要把我和他比較
Wǒ gēn tā bù yīyàng, suǒyǐ bùyào bǎ wǒ hé tā bǐjiào.

Saya dengan dia tidak sama,jadi jangan bandingkan saya dengan dia.

18.他比我聰明
Tā bǐ wǒ cōngmíng,

Dia lebih pintar dari saya.

19.他跑得比我快
Tā pǎo dé bǐ wǒ kuài.

Dia larinya lebih cepat dari saya.

20.我比他更胖
Wǒ bǐ tā gèng pàng.

Saya lebih gendut dari dia.

21.我比你老,還是,你比我老 ?
Wǒ bǐ nǐ lǎo, háishì, nǐ bǐ wǒ lǎo ?

Saya lebih tua dari Anda, atau Anda lebih tua dari saya ?

22.你比我年輕,還是,我比你年輕
Nǐ bǐ wǒ niánqīng, háishì, wǒ bǐ nǐ niánqīng.

Apakah kamu lebih muda dariku, atau aku lebih muda darimu?

23.我的生活比你很辛苦的
Wǒ de shēnghuó bǐ ni hěn xīnkǔ de.

Hidupku lebih sengsara dibanding hidupmu.

24.你的薪水比我的薪水更高了
Nǐ de xīnshuǐ bǐ wǒ de xīnshuǐ gèng gāole.

Gaji Anda lebih tinggi dari gaji saya.

25.  你比我瘦
Nǐ bǐ wǒ shòu.
Kamu lebih kurus di banding aku.

💖May💖

Semoga bermanfaat 😙

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel