Bawah header

Kalimat Tanya Bahasa Taiyu / Hokkien Part 1

Belajarmandarin15.blogspot.com


Hallo sobat Hokkien bertemu kembali dengan materi bahasa Taiyu / Hokkien.
Kali ini kita akan belajar bersama sama tentang beberapa kata atau kalimat tanya yang sering di gunakan dalam kehidupan sehari hari.

Simak yukk....

1.Jong sia
Sedang apa / Lagi apa

* Li ti le jong sia?
Kamu lagi apa?/ Kamu sedang ngapain?

2. Annua
Kenapa

* Li si annua bo ai cia peng ?
Kamu kenapa gak mau makan ?

Wi siami 
Kenapa ( Biasanya untuk kalimat lebih formal/kata2 kiasan)

* Wi siami gua pi palang ka baimia ?
Kenapa hidupku lebih sengsara dari orang lain ?

3. Ancua 
Bagaimana

* Ancua yong
Bagaimana pakainya

* Cere mikia ancua yong,gua behiao .
Barang ini bagaimana pakainya,saya gak bisa .

* Ancua khui
Bagaimana bukanya

* Cere meng ancua khui a ?
Pintu ini bagaimana bukanya ?

4. Annua
Ada apa

* Lisi annua bo ai khi thakje ?
Kamu ada apa kok gak sekolah ?

5. Kamsi
Apa kah benar /  Benarkah

* Li u khao,kam si?
Kamu nangis,benarkah?

6.Shi em shi 
Iya bukan

* Cere si li e mikia,shi em shi ?
Ini barangmu,iya bukan ?

7. U ka i bo
Suka atau tidak

* Gua sang li e lebut,li u ka i bo?
Aku kasih kamu hadiah,kamu suka tidak ?

8. Ho aboe
Sudah belum

* Li pangjio ho aboe?
Kamu kencingnya sudah belum ?

9. Ane nea ma
Cuma segini kah

* Li jun e ji ane nea ma?
Sisa duitmu cuma segini kah?

10. U bo
Ada tidak 

* Gua cang joe mikia tihia,u bo ?
Aku kemarin mencari barang disana,ada tidak.?

Semoga bermanfaat .Terima kasih.

💙Betty Oktalisa W 💚

Jangan lupa , teman teman bisa menemukan materi Bahasa Taiyu lainnya di : 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel