Bawah header

Menggunakan 會 [Huì]Dan 能 [néng]


Bahasamandarin15.blogspot.com - Kali ini kita akan belajar tentang penggunaan 會(hui) dan 能(neng) .

會(hui) dan 能(neng) adalah dua karakter yang sering kita temui di bahasa Mandarin.
會(hui) dan 能(neng)mempunyai arti "mampu" , tapi diantara keduanya ada sedikit perbedaannya .

Perbedaan 會(hui) dan 能(neng)  :

A. 會(hui)

* 會(hui) Berarti mampu dikarenakan kemampuan dan faktor dari diri sendiri.

Misal :

●我會說英語.
 (wo hui shuo yingyu).
Saya bisa berbicara bahasa Inggris.
(karena telah belajar dan mampu untuk berbicara Inggris)

●我會開車.
(wo hui kai che)
Saya bisa menyetir mobil
 (karena telah belajar atau kursus dsb)

* 會 (hui) yang berarti akan

Misal :

1. 我明天會去你家。
Wo mingtian hui qu ni jia.
Besok aku akan pergi ke rumah mu.

2. 我會把這些東西丟掉。
Wo hui ba zhe xie dongxi diu diao.
Aku akan membuang membuang barang barang ini .

B. 能(neng)

* 能(neng) mempunyai arti bisa karena keadaan/faktor-faktor yang biasanya dipengaruhi dari luar

Misal :

1 . 我終於能進去了。
Wo zhongyu neng jinqu le.
Aku akhirnya sudah dapat masuk.
( Karena dapat izin jadi bisa masuk )

2. 因為有你幫忙,我們能平安到家。
Yinwei you ni bangmang ,women neng ping an dao jia.
Karena ada kamu yang membantu , kami dapat selamat sampai rumah.
* 能(neng) dengan tambahan 不 (bu ) di depan berarti tidak di ijinkan atau tidak di perbolehkan.

Misal :

●在這裡我不能說英語
(zai zheli wo bu neng shuo Yingyu)
Disini saya tidak bisa berbahasa Mandarin
 ( mungkin karena tidak diperbolehkan oleh oranglain dsb).

●對不起,我不能告訴你。
(Duibuqi, wo bu neng gaosu ni)
Maaf, aku tidak bisa memberitahumu .
(bukan berarti dia tidak tahu,tetapi karena tidak diperbolehkan untuk untuk memberitahukannya) .

Itulah beberapa perbedaan antara 會(hui) dan 能(neng) .

Tetap semangat
加油

Baca juga :
*  MENUNJUKKAN ARAH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel