Bawah header

Mengunjungi Akuarium Laut Di Pingtung - National Museum of Marine Biology & Aquarium 屏東國立海洋生物博物館

Belajarmandarin15.blogspot.com
Museum Nasional Biologi dan Akuarium Laut dalam bahasa Mandarinnya : 國立海洋生物博物館 / Guoli Haiyang Shengwu Bowuguan , lebih dikenal juga dengan sebutan 海生館 / Haisheng guan selesai dibangun dan dibuka untuk umum pada tahun 2000. Terletak di Kotapraja Checheng, Kabupaten Pingtung, Taiwan di daerah pesisir kaki Gunung Guishan di sudut barat laut Taman Nasional Kenting . Museum ini adalah museum skala besar dengan tema kehidupan laut, yang luasnya sekitar 96,81 hektar.

Di Aquarium Laut ini kita bisa melihat berenangnya ikan di terowongan bawah laut, bertemu paus beluga yang langka, ikan pari, penguin, dan menjelajahi ekologi laut yang paling menakjubkan . Haisheng guan dibagi menjadi tiga ruang pameran: Museum Perairan Taiwan (台灣水域館), Museum Kerajaan Karang ( 珊瑚王國館 ) dan Museum Perairan Dunia ( 世界水域館 ) yang mencakup semua jenis ekologi air di Taiwan, serta realitas virtual perairan kutub, perairan laut dalam, dan perairan lain .


Akuarium Laut Di Pingtung - National Museum of Marine Biology & Aquarium 屏東國立海洋生物博物館


Alamat:
No. 2, Houwan Rd, Checheng Township, Pingtung County, 944
屏東縣車城鄉後灣村後灣路 2 號

Jam buka:
09:00-17:30
Bulan 7-8 :
Hari biasa : 09:00-18:00 
Hari libur : 08:00-18:00

Harga Tiket Masuk : 
450 NT
Jika beli di THSR Zuoying : 420 NT

Transportasi : 

Dari THSR Zouying naik bus Kenting Express no. 9189 turun di halte National Museum of Marine Biology and Aquarium Transfer Station ( South Baoli )「海生館轉乘站」→ lalu ganti bus nomor 101 Kenting Shuttle Orange turun di National Museum of Marine Biology and Aquarium 。

Ok teman teman , ikuti jalan jalan aku di Akuarium Laut Kenting ya ...😘

Jika teman teman naik gaotie / kereta cepat , teman teman keluar exit 2 , di depan exit 2 inilah loket pembelian tiket bus berada . Jika teman teman , naik MRT , teman teman turun di MRT Zuoying ,keluar exit 1 lalu naik eskalator ke lantai 2 . 

Exit 2 gaotie / kereta cepat .


Loket pembelian tiket bus ada di depan exit 2 gaotie . Selain membeli tiket bus teman teman bisa sekalian membeli tiket masuk Akuarium .


墾丁快線 (Kenting kuai xian )Kenting Express Bus yang membawa kita dari Kaoshiung ke Kenting .
Bus dengan 3 kursi sebaris , terdapat cas an hp di bagian kursinya .


Halte tempat naik bus . Untuk ke Kenting antrinya di nomor 2 ini .


Aku beli tiket busnya pulang pergi , karena lebih murah .
Tiket pulang pergi : 600 NT
Kalau tiket satu jalan saja : 401 NT 
Jadi lebih murah kalau beli tiket pp . 

Aku dapat 3 tiket ,yang terdiri dari 2 lembar tiket bus pulang pergi dan selembar tiket masuk Museum Laut .

Tiket bus pergi di serahkan ke pak sopir saat kita naik bus . 


Ini adalah tiket masuk Akuarium Laut , kalau beli di museumnya 450 NT , beli di Zuoying 420 NT . Nanti tiket ini ditukarkan dengan tiket asli di loket museum.


Tiket bus balik ke Kaoshiung , harus disimpan baik baik ya ...


Untuk jadwal bus Kenting Express teman teman bisa lihat di : https://www.taiwantrip.com.tw/Frontend/Bustime/TimeTable/R0011

Note :

* Di Zuoying biasanya juga ada bapak bapak sopir taksi yang nawarin kita naik taksi sampai museum , ongkosnya per orang 350 NT . Kalau kita punya teman 3 atau 4 bisa langsung berangkat , kalau sendiri biasanya digabung dengan penumpang lain . 
Sebenarnya naik taksi ini cukup murah juga , 350 NT sudah sampai depan museum . Kalau naik bus 300 NT , tapi kita perlu ganti bus lagi 15 NT .
Terserah teman teman mau pilih yang mana .

Aku pilih naik bus , karena ingin merasakan bagaimana rasanya naik bus dari Taipei ke Kenting 🤣🤣 .

Jika teman teman penasaran bagaimana aku yang tinggal di Taipei bisa sampai Kenting silakan lihat di sini ya :

Jam 08.30 tepat bus Kenting Express meninggalkan Zuoying . Bus ini melewati jalan tol , jadi penumpang tak boleh berdiri . Perjalanan Zuoying hingga halte National Museum of Marine Biology and Aquarium Transfer Station ( South Baoli )「海生館轉乘站」kurang lebih 2 jam . Ketika bus memasuki area Kenting ,di sisi sebelah kanan terlihat pemandangan laut yang indah.

Perpaduan langit dan laut yang  biru benar benar menakjubkan . 




Kira kira jam 10.30 bus sampai di halte National Museum of Marine Biology and Aquarium Transfer Station ( South Baoli )「海生館轉乘站」, aku pun turun. Untuk ke Akuarium Laut kita ganti bus Kenting Shuttle 101 Orange . Haltenya ada di dekat pertigaan , turun dari bus , jalan balik ke belakang ada pertigaan ,kita menyeberang lalu belok kiri . Haltenya ada disitu , nama haltenya 埔墘路口站 ( Puqian Road Intersection ) .

Ini haltenya ya , bus biasanya lewat setengah jam sekali .



Ini dalamnya bus . Aku kira busnya kayak bus biasa , eh ternyata bus yang gede , bus yang buat tour itu . Bus segede itu yang naik cuma 2 penumpang ,aku dan satu orang bapak . 😅😅


Dari halte Puqian ke Akuarium tak butuh waktu lama , kira kira 10 menit sudah sampai , hanya berjarak 3 halte . 

Halte bus berada di depan Museum agak sedikit kesamping . 

Ini jadwal bus dari Museum jika ingin pulang ke Kaoshiung.


Ini haltenya ya , naik turun di tempat yang sama .


Turun dari bus , menyeberang parkiran mobil kita akan sampai di loket pembelian tiket. Tiket yang aku beli di Zuoying ini , aku tukarkan terlebih dahulu di loket ini . Perlu diingat harus ditukar tiket asli ya ...


Daftar harga tiket jika beli disini .


Tiket asli bergambar ikan imut sudah di tangan .


Sebelum masuk Museum Laut , aku seperti biasa scan kode QR dulu , ukur suhu badan , lalu menyerahkan tiket ke petugas yang ada .

Mulai masuk ke dalam ya ...
Ini ada tulisan National Museum of Marine Biology & Aquarium , dalam bahasa Mandarinnya 國立海洋生物博物館 : Guoli Haiyang Shengwu Bowuguan . 


Beberapa tiruan ikan .


Di dalam banyak terdapat kafe , restoran , penjual makanan dan minuman .


Melangkah ke dalam kita bisa melihat tiruan ikan paus yang seolah olah meloncat dari perairan laut .


Photo photo di atas ada di bagian luar ruangan . Masuk ke dalam ruangan kita akan menjumpai lebih banyak tiruan beragam ikan . Ada beberapa yang berenang di lantai beralas pasir , dan ada juga yang terbang menggantung di langit langit ruangan . Unik sekali .




Masuk ke bagian kerajaan karang . Berbagai jenis ikan dan karang dalam aquarium raksasa .





Lorong bawah laut 
Di lorong ini kita bisa melihat beraneka ragam ikan , baik yang kecil maupun besar berenang di atas kepala kita , di sekeliling kita , seolah kita berada di dasar lautan .





Ikan pari .




Banyak sekali jenis ikan yang ada di sini . Aku tak tahu namanya satu persatu 😅


Ikan ini gede sekali .


Di bagian sini di buat seperti ada reruntuhan kapal tenggelam .









Ubur ubur cantik .






Penguin 



Di bagian belakang bangunan museum , masih ada pelataran yang luas . Setelah pelataran ada pantai yang cantik .



Oh ya , di dalam Museum Laut selain terdapat beraneka ragam restoran dan kafe juga terdapat penjual pernik pernik dan souvenir yang berkaitan dengan laut .


Setelah puas mengelilingi Museum Laut aku beristirahat sebentar di bagian belakang Museum . Aku memesan segelas jus mangga dan seporsi nugget . Hari ini cuacanya panas sekali , dinginnya jus mangga menyejukkan tenggorokan yang kering .

Aku tidak turun ke pantai karena matahari sangat terik , panas sekali .
Setelah selesai menikmati hidangan siang aku bergegas pulang , karena sudah dekat dengan jadwal keberangkatan bus . Aku lihat di jadwal bus akan berangkat jam 13.15 . 
Jam 13.05 aku sudah standbay di halte bus menunggu bus . Tiba tiba ada bapak sopir taksi menghampiri menawariku naik taksi , 350 NT ,sampai Zuoying .Aku bilang , aku sudah membeli tiket balik seharga 300 NT . Pak sopir bilang , ga apa apa , berikan saja tiket padanya lalu tambah 50 NT . Aku pikir pikir OK jugalah , dari pada panas panas aku harus nunggu bus , belum lagi nanti masih harus ganti bus . Akhirnya aku menyetujui . Di dalam sudah taksi ada 2 penumpang , orang Taiwan .Taksi pun melaju di jalan raya menuju Zuoying . Ternyata naik taksi lebih nyaman , lebih cepat juga he..he...he ...😅😅

Itulah teman teman , jalan jalan aku di Akuarium Laut Di Pingtung - National Museum of Marine Biology & Aquarium 屏東國立海洋生物博物館 .

Bertemu lagi di jalan jalan aku berikutnya ya ...😘

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel