Bawah header

Backpackeran 2 Hari 2 Malam Ke Kaoshiung - Pengalaman Tak Terlupakan

Belajarmandarin15.blogspot.com -  Istilah kerennya backpackeran , istilah lainnya pikenik , ada juga yang bilang healing , cara mencintai diri sendiri sedangkan pada kenyataannya adalah tutorial hua qian 花錢 🤣🤣.

Hallo teman teman , kali ini aku akan menceritakan pengalaman ku selama 2 hari tinggal di Kaoshiung , tepatnya 3 hari 2 malam ya , tapi yang siang nya cuma setengah hari setengah hari . Aduh koq mbulet ya , ha...ha..ha...
Jelasnya begini hari pertama setengah hari , hari ke dua full , hari ke tiganya juga setengah hari , karena hujan .Terus malam nya 2 kali , bisa dimengertikan 🤣

Ok , lanjut ...
Aku tinggal di Taipei dan sangat sangat ingin ingin sekali ke Kaoshiung . Ingin melihat seperti apa sih Kaoshiung itu , ingin mengunjungi tempat tempat wisata yang sering di posting teman teman di Facebook .Tetapi , karena jarak Taipei - Kaoshiung jaraknya jauuuh pake banget , (setengah hari perjalanan bus )maka keinginan itu hanya tinggal keinginan . Waktu libur yang cuma sehari , tak cukup untuk pergi ke Kaoshiung . Kalau naik Kereta Cepat / Gaotie cukup sih , tapi mahal di ongkosnya untuk aku yang pemasukannya hanya mengandalkan bulanan 🤣🤣 .

Aku pun cuma berharap , semoga saja bisa libur beberapa hari agar bisa mengunjungi Kaoshiung . Hingga akhirnya kesempatan itu datang juga 😊 .

Aku dapat jatah libur 4 hari . Segera aku browsing tempat tempat wisata mana yang bisa dikunjungi , transportasinya , penginapan dll . Tentu saja semuanya cari yang ekonomis untuk menghemat , agar cicilan panci bisa tetap dibayar tepat waktu setiap bulannya .
Sebenarnya rada rada takut gimana gitu , karena ini pertama kalinya aku ke Kaoshiung seorang diri . Tak kenal siapapun di sana . Ada beberapa teman kenal di FB , tapi kan mereka pada kerja , ga enak kalau mengganggu . Tetapi kalau ga sekarang kapan lagi , kesempatan ga kan datang 2 kali , ya kan ...
Akhirnya dengan tekad bulat sekali ( sebulat bola basket ) aku pun berangkat ke Kaoshiung , seorang diri .

Aku orangnya tak mau ribet dan tak suka bawa barang banyak saat bepergian . Aku hanya bawa tas gendong berisikan peralatan pribadi , baju atasan 2 , satu celana , kerudung , tak lupa power bank dan tongsis . Yang terakhir ini ga boleh ketinggalan ya  ha...ha..
Aku sengaja beli tongsis yang merangkap tripod , dilengkapi remote , agar bisa foto seluruh badan . Murah saja koq 249 NT di shopee . Barangnya mungil bisa di masukin ke tas gendong .Ga terlalu kokoh , tapi bagiku cukup bagus untuk sekedar mengabadikan momen ku saat bepergian sendirian . Kan ga enak kalau minta tolong terus sama orang lain , ga kenal lagi 🤣.

Senin ,21 Maret 2022

Senin pagi jam 9 aku nyampai di Taipei Bus Station 台北轉運站 (Taipei Zhuanyun Zan )yang berada di seberang aula . Perlu diketahui jika teman teman ingin bepergian ke luar kota , kebanyakan naik busny dari Taipei Bus Station ini ya ...

Oh ya kenapa aku memilih bus , tentu saja karena paling ramah di kantong 🤣 , tetapi jarak tempuhnya paling lama , di jamin pantat sampai panas . Bagi yang suka tidur di bus sih ga masalah , tinggal merem , eh dah nyampai .

Sebagai perbandingan transportasi Taipei - Kaoshiung :

1 . Bus , naiknya bus Ubus 通聯
Lama perjalanan : 5 jam
Tiket : 590 NT
Beli PP : 1120 NT

2 . Kereta
Kereta ada beberapa pilihan , silakan cek di websitenya untuk informasi detail
自強號 Ziqiang hao :
Lama perjalanan : 4,5 jam
Tiket : 824 NT
莒光號 Juguanghao : 635 NT

3 . Kereta Cepat THSR / Gaotie
Ini paling cepat : 1,5 - 2 jam kita sudah sampai Kaoshiung .
Tetapi tiketnya paling mahal : 1490 NT
Untuk yang tempat duduk bebas : 1445 NT
Oh ya agar dapat diskon teman teman bisa pesan jauh jauh hari , untuk info detail silakan cek di website resminya .

* Harga yang aku tuliskan di atas untuk perbandingan saja , untuk harga yang berlaku sesuai dengan ketentuan di hari saat kita bepergian .

Aku beli tiket bus Ubus 統聯 PP seharga 1120 NT . Aku dapat 2 lembar tiket bus ,1 lembar tiket pergi ke Kaoshiung , di situ tertera jadwal berangkat yaitu jam 09.30 dan nomor seat.

Satu lembar lagi tiket balik ke Taipei , masih kosong hanya ada tanggal pembelian tiket . Petugas tiket bilang , jika ingin balik ke Taipei kita bisa datang ke kantor bus Ubus mana saja area Kaoshiung dan bilang ke petugas di sana kita akan balik Taipei . Nanti petugas loket akan menuliskan jam berangkat dan nomor seat .
Oh ya , tiket balik ini berlaku seminggu , jika ragu silakan bertanya ke petugas .
Aku pergi Senin pagi dan berencana balik Taipei Rabu sore .

Tempat pembelian tiket bus di lantai 1 .

Jam 09.20 para penumpang diminta bersiap siap untuk naik bus , sebelum naik bus kita diperiksa tiket , suhu badan ,lalu diminta scan kode QR .Semua berlangsung dengan tertib .
Naik busnya di lantai 3.

Jam 09.30 pas bus melaju meninggalkan Taipei , dari Taipei mampir dulu ke Kantor bus Ubus Chongyang di  Sanchong . Setelah menaikkan penumpang di Sanchong bus langsung melaju meninggalkan Taipei . Suasana dalam bus cukup nyaman , satu baris terdapat 3 kursi , 2 kiri dan 1 kursi di kanan . Di pegangan kursi ada colokan listrik untuk ngecash hp . Di bagian tengah bus ada tangga menurun menuju toilet . Cukup lengkap .

Untuk situasi pandemi saat ini penumpang diperbolehkan makan dan minum di bus , tetapi setelah makan minum kita wajib pakai masker sepanjang perjalanan .
Bus berhenti sebentar di Taoyuan untuk menurunkan dan menaikkan penumpang , setelah itu melaju kembali di jalan tol .

Sekitar jam 12.00 lebih bus berhenti di Terminal Bus Ubus Taichung 中港轉運站 ( Zhonggang Zhuanyun Zan ). Penumpang dipersilahkan beristirahat 10 menit , sekedar untuk ke Toilet atau membeli makanan / minuman . Di dalam terminal terdapat sebuah toko roti yang juga menjual minuman , dan sebuah minimarket . Oh ya ,saat turun untuk ke toilet atau beli sesuatu teman teman ingat nomor platform dimana bus berhenti atau nomor busnya ya , agar tidak keliru , karena di situ banyak sekali bus Ubus yang berhenti .

Suasana Zhonggang Bus Station .

Setelah istirahat selama 10 menit bus kembali melaju ke arah Kaoshiung .
Jam 14.30 bus sudah memasuki area Kaoshiung . Di Kaoshiung bus berhenti di beberapa tempat , diantaranya Gangshan , Nanzi , MRT Martial Art Stadium , Jianguo , untuk lebih detailnya teman teman silakan cek di link Ubus berikut ini :

Di link tersebut teman teman akan menemukan banyak informasi lain tentang bus Ubus . Silakan di lihat lihat sendiri ya ...

Karena ini pertama kalinya aku ke Kaoshiung , sendirian pula , maka aku pilih turun di halte MRT Martial Art Stadium 捷運技擊館站 / Jieyun Jijiguan Zhan dengan tujuan bisa langsung ke MRT untuk menuju ke tempat yang diinginkan . Menurut ku rute MRT lebih mudah dimengerti daripada rute bus .

MRT Martial Art Stadium 捷運技擊館站 / Jieyun Jijiguan Zhan

Setelah beristirahat sebentar ,aku bergegas naik MRT. Karena masih agak siang aku ingin ke Foguangshan dulu . Dari hasil googling untuk ke Foguangshan aku bisa naik bus dari Terminal Fengshan . Jam 15.15 aku sampai di Fengshan , aku lihat di papan , bus ke Foguangshan akan tiba jam 15.49 . Masih banyak waktu , aku duduk sambil sesekali ngobrol dengan penumpang lain yang ada di Terminal .

Fengshan Bus Station 鳳山轉運站

Jam 15.50 bus jurusan Foguangshan datang , 2 penumpang turun , aku bergegas naik , eh tiba tiba pak sopir bilang kalau dia ga ke Foguangshan lagi . Bus itu pun berlalu . Kecewa banget rasanya , tapi apa boleh buat . Aku lirik di papan , bus selanjutnya jurusan Foguangshan akan tiba jam 16.49 . Kalau naik itu , nanti aku kesorean sampai di sana .

Aku pun bergegas kembali ke MRT , aku mau ke Jembatan Dagang 大港橋 / Dagang Qiao saja , yang lebih dekat ,bisa di jangkau dengan MRT .

Jembatan Dagang 大港橋 / Dagang Qiao saat senja .

Jam 18.00 lebih ,aku meninggalkan jembatan Dagang , tujuan berikutnya adalah MRT Formosa Boulevard 捷運美麗島站 / Jieyun Meilidao Zan .

Dome of Light / Kubah Cahaya di MRT Formosa Boulevard 捷運美麗島站 / Jieyun Meilidao Zan .

Berikutnya menuju pasar malam Liuhe 六合夜市/ Liuhe Yeshi

Sekitar jam 19.30 , setelah membeli makan malam di pasar malam Liuhe , ( Jipai + Kentang goreng / 雞排& 薯條) aku kembali ke MRT Formosa Boulevard untuk menuju penginapan .

Perlu teman teman ketika di Kaoshiung ada 2 jalur MRT , Merah dan Orange . Persimpangan jalur merah dan orange ini ada di MRT Formosa Boulevard .

Peta MRT Kaoshiung :

Menurut google , hotel yang aku pesan dekat dengan MRT Yanchengpu 捷運鹽埕埔站 / MRT Yanchengpu zhan exit 2 .

Boneka imut di depan exit 2 .

Keluar exit 2 aku membeli minuman dulu , lalu menuju hotel dengan bantuan google map .

Tak sulit sih nyarinya , melewati 2 lampu merah lalu belok kiri . Deketnya ada sebuah proyek bangunan .

Lobi The Rivero Hotel , tempat aku menginap .

Seperti biasa sebelum masuk scan kode QR dulu .Respsionis hotel menyambut dengan ramah . Aku menunjukkan kode booking . Setelah di cek , aku terus membayar biaya menginap untuk 2 malam = 1188 NT per malamnya 594 NT . Resepsionis menyerahkan kunci dan kartu kamar 房卡 / Fangka , kamarku 807 , di lantai 8 . Setelah selesai urusan check in aku menuju lift untuk naik ke lantai 8 . Dan tra lala ....

Kamarnya cukup luas dan layak untuk aku yang hanya ingin numpang tidur 🤣🤣 .
Ranjangnya besar cukup untuk tidur 2 orang .

Dilengkapi dengan sebuah almari , televisi ,meja kerja dan sebuah kulkas mini . Di atas meja ada 2 bungkus kopi dan 2 bungkus teh sachetan , teko untuk merebus air dan juga 2 buah cangkir . Di bawah meja inilah kulkas mini berada .

Kamar mandi cukup bersih . Tersedia juga peralatan mandi ,,handuk besar , dan juga hair dryer .

Pemandangan pagi hari dari jendela kamar .

Bagi ku dengan harga yang ekonomis , yaitu 594 NT semalam kamar ini sudah lebih dari cukup .

Oh ya , teman teman aku pesen hotel ini lewat m.booking , aku cari yang bisa bayar di tempat , tanpa uang muka , tanpa kartu kredit 😅😅
Dan pada akhirnya pilihan ku jatuh pada The Rivero Hotel ini , 2 malam = 2 x 594 = 1188 NT 🤭🤭 .
Aku kurang sreg kalau nginep di hostel yang satu kamar banyak orang , makanya aku cari cari yang satu orang satu kamar , dan tentunya yang harga ekonomis .

Setelah mandi , makan aku langsung tidur karena capek di jalan , 5 jam di bus gaiizzz 🤣.

Selasa , 22 Maret 2022

Bangun pagi pagi dan segera meluncur ke tujuan selanjutnya . Hari ini aku mengunjungi 3 tempat :

1. Pintung National Museum of Marine Biology and Aquarium / 國立海洋生物博物館

2 . Kaoshiung Dragon & Tiger Pagodas / 高雄龍虎塔

3 . Sungai Aihe / 愛河

Naik kapal malam hari di Aihe adalah hal yang sangat mengasikkan 🥰

* Oh ya teman teman ,setiap tempat wisata nanti akan aku tulis secara detail , termasuk alat transportasinya pada postingan berikutnya ya ...

Seperti kemarin , sekitar jam 20.00 setelah puas mengelilingi Aihe aku kembali ke hotel .

Rabu , 23 Maret 2022

Rabu pagi aku mengunjungi Foguangshan :

Siang harinya aku ke Pantai Cijin 旗津 . Tapi acara ku ke Cijin berantakan karena hujan 🤣🤣 . Sudah jauh jauh naik bus eh , nyampai di tempat langsung hujan , deras sekali .

Hujan deras sekali sehingga aku ga sempat keliling keliling dan photo photo ,  baju sudah basah kuyup semua . Apalgi aku ga bawa payung .
Di sini aku kurang persiapan , tahu cuaca hujan ga bawa payung ( jangan ditiru ya gaizz ) .
Aku mampir ke Seven beli jas hujan , setelah itu nyari halte bus untuk pulang ke Kaoshiung kota .

Halte bus ketemu , tapi kiri kanan tak ada tempat berlindung . Sebatang pohon lombok pun gak ada .
20 menit berdiri di bawah derasnya hujan , akhirnya bus tercinta yang di tunggu datang juga . Lega banget rasanya . Meskipun harus berdiri dengan baju basah kuyup , akhirnya sampai juga aku di MRT .

Turun dari bus aku masuk MRT , aku berniat pulang ke Taipei saja karena hujan turun deras sekali . Tetap di Kaoshiung juga ga bisa kemana mana .
Baju basah membuat ku merasa dingin , belum makan lagi 🙄 . Aku harus beli baju dulu buat ganti baru nyari makan . Aku menuju MRT Kaoshiung , aku pikir di sekitar MRT Kaoshiung pasti banyak pedagang pakaian dan makanan kayak di sekitar Taipei Main Station . Eh , ternyata MRT Kaoshiung yang buka hanya exit 2 , ke arah stasiun kereta api . Di bawah tanah juga ga ada apa apa . Bisa jadi karena pandemi jadi beberapa tempat di tutup .

Kaoshiung Main Station :

Setelah sampai di luar toleh kanan kiri ga ada apa apa , mungkin ada sih cuma karena hujan ga keliatan apa apa . Sekejap , pikiran blank ga tau mau kemana 🤣🤣.
Akhirnya aku masuk lagi ke MRT , naik satu stasiun turun di MRT Houyi . Keluar MRT tetep saja hujan , tapi masih mending ada Seven di situ . Akhirnya setelah mikir mikir aku naik taksi menuju NET terdekat , untuk beli baju . Dan kebetulan sekali dekat NET ada KFC & Mc. Donald . Setelah dapat baju yang sesuai , aku bergegas ke KFC untuk menyapa ayam goreng yang sedari tadi sudah melambaikan sayapnya padaku 🤣🤣.

Sebenarnya di tas ku masih ada satu baju , tapi tipis takutnya nanti di bus kedinginan makanya aku nyari baju lagi . Bayangkan 5 jam di bus kedinginan bisa masuk angin kan 🤭 .

Singkat cerita , setelah dapat baju dan mengisi perut , tujuan selanjutnya pulang ke Taipei . Aku sudah googling di dekat situ ada kantor bus Ubus . Jalan kaki kayaknya 15 - 20 menit . Tapi sekali lagi gara gara hujan , dan ga bawa payung aku milih naksi lagi .
Lamaaaa banget aku ga dapat taksi , tiap nyetop pada ga mau berhenti . Kalau ga gitu mereka pada belok di jalan sebelah sana . Setelah aku amati dengan seksama ternyata di sana ada sebuah rumah sakit , dan kebanyakan para taksi itu belok ke rumah sakit . Lama lama jadi gemes sendiri aku , karena ga dapat taksi , akhirnya di bawah hujan aku berlari ke arah rumah sakit dan ikut berbaris dengan pengunjung rumah sakit yang mau naik taksi . Akhirnya , dapat dech taksinya ...😅

Kantor bus Ubus Jian guo ini berada di dekat Kaoshiung Main Station ya ...

Setibanya di loket Bus Ubus , aku sodorkan tiket balik Taipei , sembari bilang “Wo yao hui Taipei ” 我要回台北 . Petugas loket lalu menuliskan jam keberangkatan dan nomor seat . Bus akan berangkat jam 17.40 , nomor seat 5 . Tepat jam 17.40 bus berangkat dari kantor Ubus Jian guo . Mampir dulu di beberapa kantor bus Ubus lainnya di Kaoshiung untuk menaikkan penumpang lainnya . Hari sudah gelap ketika bus melaju meninggalkan Kaoshiung menuju Taipei .
“ Kaoshiung zai jian 高雄再見 ” ucapku dalam hati .

Tiba di Taichung bus akan berhenti lagi di 中港轉運站 Zhonggang Bus Station . Sama seperti berangkatnya , istirahat 10 menit lalu berangkat lagi .

Selanjutnya bus berhenti di Jingguo Bus Station , Taoyuan .

Kemudian akan berhenti lagi di Halte Chongyang , Sanchong dan terakhir Taipei Bus Station.

Alhamdulillah , kurleb jam 22.45 aku sampai di Taipei dengan selamat 🤲🤲 .
Turun dari bus aku bergegas ke MRT untuk pulang ke rumah . Oh ya MRT beroperasi sampai jam 24.00 ya ...

Baju dalam kresek ini aku tenteng dari Kaoshiung hingga Taipei 🤣🤣

Pokoknya pengalaman tak terlupakan 🤭🤭

⚘ Meskipun tak mudah , aku menikmati perjalananku kali ini .
Meski harus jalan jauh , nunggu bus ga dateng , capek , kepanasan ,kehujanan tapi mengasikkan sekali .
Aku menikmatinya ...

🌷 Jika ada kesempatan lagi , aku ingin mengunjungi tempat tempat lain di Taiwan . Semoga terlaksana ...🥰🥰

🪴 Note :
Bagi teman teman yang ingin melakukan perjalanan sendiri harap di persiapkan matang matang ya biar ga gelagapan ketika nyampai lokasi . Apalagi jika tempat yang teman teman kunjungi benar benar asing , baru datang pertama kali . Hal hal apa saja yang perlu dipersiapkan saat traveling jauh sendirian , tunggu episode berikutnya ya ....😘