Bawah header

Penjelasan Seputar TOCFL CAT (Computerized Adaptive Test )/ Tes Adaptif Terkomputerisasi

Belajarmandarin.blogspot.com - Hallo teman-teman semua ...

Kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang tes TOCFL di Taiwan , semoga saja tulisan yang saya berikan ini bisa membantu teman-teman yang ingin mengikuti tes TOCFL  di Taiwan.

Apakah itu tes TOCFL , kapan diselenggarakan , dan bagaimana cara mendaftarnya teman-teman bisa cek di link berikut :
Cara Daftar Dan Jadwal Tes TOCFL Di Taiwan.

Tes TOCFL terbagi menjadi beberapa diantaranya adalah TOCFL Band A , B ,dan C yang bayarnya 1.600 NT dan TOCFL CAT yang bayarnya 2000 NT .


Apa sih sebenarnya perbedaannya dan teman-teman sebaiknya memilih yang mana ?

- Jika teman-teman memilih TOCFL Band A , B , C yang bayar 1600 NT itu , teman-teman harus memilih levelnya , Band A , B , C . Dan hanya ada pilihan lulus dan tidak lulus .
Misalkan kita memilih Band B , lalu hasil tes  kita tidak bisa mencapai standar untuk lulus di Level B , maka  kita dinyatakan tidak lulus .

- Jika teman-teman memilih tes TOCFL CAT ,  yang bayar 2.000 NT , misalkan kita  memilih Band B , kemudian nilainya tidak bisa mencapai standar level B ,  maka kita tetap bisa lulus mendapat sertifikat  band A .

- Oleh karena itu  karena itu saya pribadi menyarankan agar teman-teman mengikuti tes TOCFL CAT . Tetapi bagaimanapun juga pilihan kembali pada teman teman semua , silakan memilih mana yang teman-teman anggap baik dan sesuai dengan diri masing-masing .

Ok saya lanjutkan ...
Uraian di bawah ini akan memberikan sedikit gambaran kepada teman-teman tentang tes TOCFL CAT dan juga beberapa hal yang harus diperhatikan berkenaan dengan tes TOCFL CAT .

TOCFL Computerized Adaptive Test / CAT Mendengarkan (Listening) dan Membaca ( Reading )adalah tes TOCFL  dimana Komputer memilih soal tes berdasarkan respons peserta tes terhadap soal sebelumnya. Jika peserta tes bisa menjawab soal dengan benar maka soal berikutnya akan lebih sulit . Tetapi jika peserta tes tidak bisa menjawab soal dengan benar maka soal berikutnya akan menjadi lebih mudah atau turun ke level di bawahnya.

Dibandingkan dengan format tes lainnya, CAT membutuhkan lebih sedikit soal tes untuk mengevaluasi kompetensi peserta tes secara tepat, karena pemilihan soal diadaptasi berdasarkan tanggapan peserta tes.

Soal TOCFL CAT (Listening / Reading )  terdiri dari :

1 . Ada empat jenis item untuk Listening / mendengarkan:
deskripsi gambar, dialog satu putaran, dialog, dan monolog

2 . Ada lima jenis item untuk Reading / membaca:
pemahaman kalimat, deskripsi gambar, penyelesaian paragraf, pengisian titik titik, dan pemahaman membaca.


Untuk tes listening, ada sekitar 35 soal . Akan ada 10 detik untuk merespon setiap soal , kemudian sistem akan melanjutkan ke soal berikutnya. Waktu tes sekitar 50 menit.
Untuk tes membaca, ada sekitar 35 item. Waktu tes 60 menit.

Beberapa hal yang harus diperhatikan berkenaan dengan tes TOCF CAT :

1 . Seperti yang telah disampaikan di atas jika jawaban peserta tes benar maka berarti soal berikutnya akan semakin  sulit diberikan dan jika  jawabannya salah , berarti soal berikutnya semakin mudah .
Sehingga disarankan agar peserta tes membiasakan diri dengan semua jenis  item soal dari semua level untuk mendapatkan hasil terbaik.

2 . Karena pemilihan soal CAT berdasarkan pada jawaban peserta, maka  setelah soal dikerjakan  peserta tes tidak memiliki kesempatan untuk memeriksa ulang atau membuat perubahan apa pun. Jadi peserta harus menjawab semua soal yang ada di komputer , jika dilewati maka peserta tak ada kesempatan mengulang lagi .

3 . Jumlah soal untuk setiap peserta tes bervariasi antara 25 dan 40, tergantung dari kemampuan peserta . Tes akan diakhiri dengan munculnya hasil ,  ketika batas waktu tercapai atau ketika tingkat kompetensi peserta tes telah diidentifikasi oleh komputer .

4 . Soal tes minimum  25, sehingga skor tes membaca akan disesuaikan berdasarkan porsi soal yang ditanggapi , jika peserta tes menyelesaikan  kurang dari 25 soal . Peserta tes disarankan untuk mengalokasikan waktu yang cukup untuk bagian tes yang berbeda.

Standar kelulusan TOCFL :


Sumber info website TOCFL :
https://www.sc-top.org.tw/english/eng_index.php.

Lihat juga artikel lain tentang TOCFL : 
* Soal Latihan TOCFL Band A
* Pengalaman Mengikuti Tes TOCFL Di Taiwan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel