Bawah header

Kosakata Tentang Rumah Sakit Dalam Bahasa Mandarin

Belajarmandarin15.blogspot.com - Dajia hao ......
Nimen dou ma ?


Kosakata tentang rumah sakit dalam bahasa Mandarin :

1 . Gynecologist →婦科醫生→fùkē yīshēng
「Ginekolog」

Ginekologi (secara harfiah berarti "ilmu mengenai wanita") adalah cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari penyakit-penyakit sistem reproduksi wanita (rahim, vagina dan ovarium).

2 . Pediatrician →小兒科醫生→xiǎo'érkē yīshēng
「Dokter anak」
Obstetrician →產科醫生婦科醫生→chǎnkē yīshēng fùkē yīshēng

「Obstetri adalah cabang ilmu ahli kedokteran yang khusus mempelajari kehamilanan dan persalinan.」

3 . Dermatologist →皮膚科醫生 →pífū kē yīshēng
「Dokter Kulit」

4 . Optometrist/Ophthalmologist →眼科醫生→yǎnkē yīshēng
 [ Ahli Mata ]

5 . Urologist →泌尿科醫生 →mìniào kē yīshēng

「Urologi adalah ilmu kedokteran dengan ruang lingkup medis dan bedah yang berfokus pada perawatan penyakit saluran kemih, baik pada pria (juga sebagai organ reproduksi) maupun wanita.」

6 . Orthopedic Surgeon →骨科醫生→gǔkē yīshēng
「Ahli Bedah」

7 . Cardiologist →心臟科醫生 →xīnzàng kē yīshēng
「Ahli Jantung」

8 . Neuro-sugeon →腦外科醫生→nǎo wàikē yīshēng
「→ Ahli Bedah Otak」

9 . Neurologist →神經科醫生→shénjīng kē yīshēng
「Ahli saraf」

10. Oncologist →癌症腫瘤科醫生→áizhèng zhǒngliú kē yīshēng
「 Ahli Onkologi Kanker」

【Onkologi 】adalah sub-bidang medis yang mempelajari dan merawat kanker. Dokter yang mendalamionkologi disebut onkolog. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani: onkos (ονκος), yang berarti massa atau tumor dan akhiran -ology, yang berarti "mempelajari".

11 . Gastrologist →腸胃消化科醫生→chángwèi xiāohuà kē yīshēng
「Dokter ahli pencernaan 」

Gastrointestinal adalah hal yang berkaitan dengan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus. Gastrointestinalmerupakan suatu saluran pencernaan yang panjangnya sekitar 9 meter mulai dari mulut sampai anus, meliputi oropharing, esophagus, stomach(lambung)

12 . Rheumatologist →風濕關節炎科醫生
→fēngshī guānjié yán kē yīshēng
「Dokter ahli rheumatoid arthritis」

Rheumatoid arthritis atau artritis reumatoid adalah peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian (misalnya sendi kaki dan tangan). ... Rheumatoid arthritis terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh Anda sendiri.

13 . Nephrologist →腎臟科醫生 →shènzàng kē yīshēng
 「Dokter spesialis ginjal」

Dokter spesialis ginjal juga dikenalnephrologist atau spesialis nefrologi. Mereka memiliki gelar pra-kedokteran sarjana, gelar dokter dan pelatihan residensi tiga tahun penyakit dalam.

14 . Endocrinologist →內分泌科醫生 →nèifēnmì kē yīshēng
「Dokter ahli (Hormon) 」

Endokrinologi (Hormon) adalah bidang kedokteran yang berurusan dengan penyakit sistem endokrin (system kelenjar) dan sekresi spesifiknya yang disebut hormone.

15 . Psychiatrist →精神科醫生→jīngshén kē yīshēng
「Psikiater」

「Psikiater」 adalah profesi dokter spesialistik yang memiliki spesialisasi dalam diagnosis dan penanganan gangguan emosional. Psikiater tidak hanya menangani masalah gangguan jiwa berat, tetapi juga ringan.

16 . Geriatrician →老年醫學專家→lǎonián yīxué zhuānjiā
「Geriatri」

Merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari keadaan-keadaan fisiologis dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan orang-orang lanjut usia dengan fokus pada penuaan dini dan tatalaksana penyakit terkait usia lanjut.

17 . Plastic Surgeon  →整形外科醫生
 →zhěngxíng wàikē yīshēng
「 → Ahli Bedah Plastik」

18 . Dental Surgeon/Dentist →牙醫→yáyī
「Dokter Gigi」

19. Ambulance Paramedic →緊急救援人員
→jǐnjí jiùyuán rényuán
「Ambulan paramedis」

【Ambulan Paramedis】 bertugas mempersiapkan perawatan gawat darurat segera, krisis intervensi, stabilisasi penyelamatan hidup, dan mengangkut pasien yang sakit atau terluka ke fasilitas perawatan gawat darurat dan bedah seperti rumah sakit dan pusat trauma bila memungkinkan.

20. Paramedic →醫務輔助員→yīwù fǔzhù yuán
「Para medis」

「Paramedis」 bertugas mempersiapkan perawatan gawat darurat segera, krisis intervensi, stabilisasi penyelamatan hidup, dan mengangkut pasien yang sakit atau terluka ke fasilitas perawatan gawat darurat dan bedah seperti rumah sakit dan pusat trauma bila memungkinkan.

21. Anesthetist →麻醉科醫生 →mázuì kē yīshēng
「Anestesiolog」adalah:「ahli dalam bidang anestesi」

Apa artinya「anestesi」~Anestesi (pembiusan; berasal dari bahasa Yunani an-"tidak, tanpa" dan aesthētos, "persepsi, kemampuan untuk merasa"), secara umum berarti suatu tindakan menghilangkan rasa sakit ketika melakukan pembedahan dan berbagai prosedur lainnya yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh.

22. Nurse  →護士 →hùshì 「suster/perawat dirumah sakit」

23. Laboratory Technologist → 化驗師→ huàyàn shī
「Kimiawan」Teknolo Laboratorium

Teknologi Laboratorium Medik adalah sebuah program studi yang mempelajari tentang bagaimana cara menjadi seorang tenaga kesehatan dan ilmuwan berketerampilan tinggi yang akan berkecimpung di sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.

24. Nutritionist/Dieticia →營養師→yíngyǎng shī
「Ahli Gizi 」

25. Occupational Therapist →職業治療師 →zhíyè zhìliáo shī
「Terapi Okupasi」

Terapi Okupasi adalah bentuk layanan kesehatan kepada masyarakat atau pasien yang mengalami gangguan fisik dan atau mental dengan menggunakan latihan/aktivitas mengerjakan sasaran yang terseleksi(okupasi) untuk meningkatkan kemandirian individu pada area aktivitas kehidupan sehari-hari, produktivitas dan pemanfaatan.

26. Optometrist →視光師 →shì guāng shī
「Dokter Mata → Ahli Kacamata」

27. Physiotherapist →物理治療師 →wùlǐ zhìliáo shī
「Fisioterapis → Terapis Fisik」

28. Radiologist →放射科醫生 →fàngshè kē yīshēng → 「Ahli Radiologi」

Biasanya, pasien dirujuk oleh dokter umum. Ahli radiologi dapat memberikan informasi tambahan pada dokter umum. Keduanya bekerja sama untuk mendiagnosis kondisi pasien. Rontgen adalah tes pencitraan diagnostik yang utama.

29. Radiotherapist →放射治療醫生→fàngshè zhìliáo yīshēng
「dokter radioterapi」

Radioterapi atau disebut juga terapi radiasiadalah terapi menggunakan radiasi yang bersumber dari energi radioaktif. Cukup banyak dari penderita kanker yang berobat ke rumah sakit menerima terapi radiasi. Kadang radiasi yang diterima merupakan terapi tunggal, kadang dikombinasikan dengan kemoterapi dan/atau operasi pembedahan. Tidak jarang pula seorang penderita kankermenerima lebih dari satu jenis radiasi.

30. Speech Therapist →語言治療師→yǔyán zhìliáo shī
「Terapis Bicara」

Terapi wicara adalah ilmu kedokteran yang menangani evaluasi, diagnosis, dan pengobatan gangguan penyebab ketidakmampuan bicara dan menelan. Terapi ini juga dikenal sebagai patologi wicara-bahasa. Terapi wicara memiliki lingkup yang luas. Ahli terapi wicara menangani pasien dari berbagai usia dengan gangguan yang berbeda. Ada pula sub-spesialisasi yang khusus menangani anak. Terapi wicara biasanya dipadukan dengan ilmu kedokteran lain.

Semoga bermanfaat .
💛 May 💚

Untuk kosakata yang berhubungan dengan rumah sakit , silakan klik link berikut :
KOSAKATA YANG BERHUBUNGAN DENGAN RUMAH SAKIT.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel