Bawah header

Pengulangan Kata Dalam Bahasa Taiyu / Hokkien

Belajarmandarin15.blogspot.com



Hallo sobat Taiyu , masih semangat belajar . Tentu dong.Kali ini kita akan bersama sama mempelajari tentang pengulangan kata . 

Dalam Bahasa Taiyu kebanyakan perulangan kata adalah dari kata kerja berubah menjadi perintah/menyuruh .

Misal :

* Se = mencuci 
Gua be lai se ua ti .
Saya mau mencuci mangkok sumpit(kata kerja)

* Se se =dicuci (  diulang )
Ua ti kin se se,ti be yong .
Mangkok sumpitnya cepat dicuci,mau dipakai (kalimat perintah)

* Chit=mengelap 
Takkang gua ma u chit thaonga meng.
Tap hari aku juga mengelap jendela .

* Chit chit=dilap 
Thaonga meng ma si ai chit chit kabea lasap .
Jendela juga harus dilap biar gak kotor.

Mari kita simak contoh kata perulangan lainnya berikut ini : 

1.sha sha : direbus

2.cia cia : dimakan

3.lim lim : diminum

4.cha cha : ditumis

5.pia pia : dibersihkan

6.shao shao : disapu

7.ka ka : digunting

8.ci ci : digoreng dengan banyak minyak 

9.cien cien : digoreng pakai minyak sedikit

10.thoa thoa : dipel

11.yong yong: dipakai

Tetapi ada juga perulangan yang tidak berubah fungsinya,tetap artinya seperti kata dasarnya.

Contoh :
1. Kea kea : takut
Poa me khun ji e sicun gua kamka kea kea .
Tengah malam terbangun aku merasa takut .

2. Kia kia  : jalan jalan 
Akong,gua lai jua li khi wakhao kia kia .
Kakek,aku bawa km keluar jalan jalan.

3.Thia thia  :  sakit
Cang poatto,gua e kha kamka thia thia .
Kemarin jatuh,kakiku terasa sakit .

4.Thia thia  : dengar
I ka li me,li thia thia do ho la.
Dia memarahimu,ckup kamu dengar saja lah.

Semoga bermanfaat
💛Bety Oktalisa Wijaya💚

Temukan kosakata bahasa Taiyu lainnya di : 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel