Bawah header

Angka Hari Tanggal Bulan Tahun Bahasa Taiyu / Hokkien

  Belajarmandarin15.blogspot.com
             

Hallo , teman teman ...
Sahabat Hokkien kaki ini kita belajar tentang " angka , hari , tanggal , bulan ,dan tahun Bahasa Hokkien ".

ANGKA

1 = it
2 = neng
3 = sa
4 = si
5 = go
6 = lak
7 = jit
8 = pue
9 = kau
10= cap
11 = cap it
12 = cap ji
 (kalau sudah sampai hitungan puluhan angka 2 jangan lagi diucapkan 【neng】tapi 【ji】
13 = cap sa
14 = cap si
15 = cap go
16 = cap lak
17 = cap jit
18 = cap pue
19 = cap kau
20 = ji cap
21 = ji cap it
22 = ji cap ji (ji juga bisa Li)
23 = ji cap sa
24 = Ji cap si
25 = ji cap go
(juga bisa disingkat 【ji go】
50 = go cap
60 = lak cap
70 = jit cap
80 = pue cap
90 = kau cap
100=cit pa
 (kalau sudah sampai hitungan ratusan
angka (1)jangan disebut (it)tapi (cit);satu'an

(200 )pakai kalimat (neng)bukan (ji) yang
( ji )itu diangka puluhan)ya

contoh : 200 ini bukan pakai (ji)tapi (neng)

200:neng pa
300:sa pa (pa~kalimat ratusannya.

1000=cit ching

2000=beng ching

HARI

1. Senin
  * pai it (it)bukan (cit)

2. Selasa
  * pai ji (dikalimat hari selasa pakai (ji)bukan (neng)contoh;(pai neng)

3. Rabu
  * pai sa

4. Kamis
  * pai si

5. Jum'at
  * pai go

6. Sabtu
  * pai lak

7. Minggu
  * lepai

BULAN

一 月 = Yī yuè : Januari
【it gue】

二 月 = Èr yuè : Februari

【ji gue】

三 月 = Sān yuè : Maret

【sa gue】

四 月 = Sì yuè : April

【si gue】

五 月 = Wǔ yuè : Mei

【go gue】

六 月 = Liù yuè : Juni

【lak gue】

七 月 = Qī yuè : Juli

【jit gue】

八 月 = Bā yuè : Agustus

【pue gue】

九 月 = Jiǔ yuè : September

【kau gue】

十 月 = Shíyuè : Oktober

【cap gue】

十 一月 = Shí yī yuè : November

【cap it gue】

十 二月 = Shí èr yuè : Desember

【cap ji gue】

2 bisa (Li)juga bisa (ji)tapi bukan (neng)Ya untuk dikalimat ini.

TAHUN

* tahun            : (Ni) 年 nian
* tahun ini       : kin ni
* tahun lalu     : khi ni
* tahun depan : mi ni

Untuk menghitung 1 sampai hitungan berapa tahun kalimat TAHUN=Ni
Untuk kalimat angka tahunnya ya pakai angka diatas ya.

Contoh:

* Satu tahun :(cit ni) bukan(it ni)
* Dua tahun  :(neng ni)bukan (ji ni)
* Tiga tahun :sa ni

Semoga bermanfaat.

💗MAY💖

Untuk kosakata tentang bahasa Taiyu lainnya , silakan lihat di:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel