Bawah header

Kata Penghubung Dalam Bahasa Mandarin / Liáncí (連詞) Part 1

大家好,Dajia hao ...

Belajarmandarin15.blogspot.com - Setelah  kemarin kita mengenal tentang beberapa MANDARIN SLANG YANG MENGGUNAKAN ANGKA   ,sekarang kita akan belajar  bersama tentang kata penghubung .

Dalam bahasa mandarin kata penghubunh di sebut Liáncí (連詞).

Kata penghubung / Liáncí (連詞) adalah kata-kata yang digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, phrase dengan phrase ( kelompok kata) atau kalimat dengan kalimat .

Beberapa kata penghubung atau Liáncí (連詞) dalam bahasa Mandarin :

A . 和 ( hé )

Dalam bahasa Indonesia berarti " dan "

Contoh :

1 . 我喜歡吃蘋果和芒果。
Wǒ xǐhuān chī píngguǒ hé mángguǒ.
Aku suka makan apel dan mangga.

2 . 我和他已經認識了很久。
Wǒ hé tā yǐjīng rènshile hěnjiǔ.
Aku dan dia sudah kenal sangat lama.

3 .  請幫我買魚和雞肉。
Qǐng bāng wǒ mǎi yú hé jīròu.
Tolong belikan saya ikan dan daging ayam.

B . 也 (yě)

也 dalam bahasa Indonesia berarti " juga ".

Cobtoh :

1. 我也喜歡你。
Wǒ yě xǐhuān nǐ.
Aku juga menyukai mu.

2 . 他也會去嗎?
Tā yě huì qù ma?
Apakah dia juga pergi ?

3. 我妹妹也要吃蛋糕。
Wǒ mèimei yě yào chī dàngāo.
Adik perempuan ku juga mau makan kue.

4 . 我是印尼人。
Wǒ shì yìnní rén.
Aku adalah orang Indonesia.

我也是  .
Wǒ yěshì.
Aku juga.

* Note :

也 tidak bisa mengakhiri sebuah kalimat.

Misalkan :

我是印尼人。
Wǒ shì yìnní rén.

1 . 我也 [ wo ye ]
2 . 我是也 [ wo shi ye ]
Kedua kalimat di atas  adalah  salah.

Yang betul adalah :
我也是  .
Wǒ yěshì.
Aku juga.

C . 又 ( yòu )

Berarti "juga , lagi ".

Rumus yang biasa digunakan :

Subj. + 又 + kt.sifat 1 + 又 + kt.sifat 2

Kedua kata sifat tidak boleh bertentangan harus sama , sejajar dalam arti bisa keduanya baik atau keduanya buruk.

Contoh :

1 .那個女孩子又聰明又漂亮。
Nàgè nǚ háizi yòu cōngmíng yòu piàoliang.
Gadis itu pintar juga cantik.

2 .  我們家的小貓咪又可愛又聽話。
 Wǒmen jiā de xiǎo māomī yòu kě'ài yòu tīnghuà.
Kucing kecil milik kami lucu juga penurut.

3 . 莉莉的男朋友又高又帥。
Lìlì de nán péngyǒu yòu gāo yòu shuài.
Pacarnya Lili tinggi juga tampan.

4 . 這裡的菜又貴又難吃。
Zhèlǐ de cài yòu guì yòu nán chī.
Masakan di sini mahal juga tidak enak.


D . 因為....所以.... (yīnwèi... suǒyǐ...)
   
Artinya " karena....maka...." .

Menyatakan suatu sebab dan akibat.

Rumus :

因為 +  penyebab ) , 所以 + ( akibat )

Contoh :

1 . 因為我在台灣工作,所以我要努力學習中文。 Yīnwèi wǒ zài táiwān gōngzuò, suǒyǐ wǒ yào nǔlì xuéxí zhōngwén.
Karena aku bekerja di Taiwan , maka aku harus rajin belajar bahasa Cina.

2 . 因為生病,所以姐姐不去上班。
Yīn wéi shēngbìng, suǒyǐ jiějiě bù qù shàngbān.
Karena sakit , maka kakak  ( perempuan  ) tidak pergi bekerja .

3 . 因為今天太忙,所以我忘記沒有打電話給你。
Yīn wéi jīntiān tài máng, suǒyǐ wǒ wàngjì méiyǒu dǎ diànhuà gěi nǐ.
Karena hari ini terlalu sibuk , maka aku lupa tidak menelepon mu .

E . 因為 (yīnwèi)

Berarti " karena ".

Menjelaskan penyebab . 因為 biasanya akan terletak di tengah.

Rumus :

Akibat ( , )+ 因為 + penyebab

Contoh :

1 . 我今天忘了吃午餐,因為工作很忙。
Wǒ jīntiān wàngle chī wǔcān, yīnwèi gōngzuò hěn máng.
Hari ini aku lupa makan siang , karena pekerjaan yang sangat sibuk.

2 . 我妹妹學得很快,因為她很聰明。
Wǒ mèimei xué dé hěn kuài, yīnwèi tā hěn cōngmíng.
Adik ( perempuan ) ku belajar sangat cepat, karena dia sangat pandai.

3 . 我喜歡她,因為她很善良。
Wǒ xǐhuān tā, yīnwèi tā hěn shànliáng.
Aku sangat menyukai dia karena dia sangat baik hati.

F . 所以 (suǒyǐ)

Berarti " maka "

Menjelaskan akibat. 所以 biasanya juga terletak di tengah.

Rumus :

Penyebab ( , ) + 所以 + akibat

Contoh :

1 . 下雨了,所以我今天比較晚回到家。
Xià yǔle, suǒyǐ wǒ jīntiān bǐjiào wǎn huí dàojiā.
Hujan , maka aku hari ini agak terlambat sampai rumah .

2 . 工作太忙了,所以我忘了吃飯。
Gōngzuò tài mángle, suǒyǐ wǒ wàngle chīfàn.
Pekerjaan terlalu sibuk , maka aku lupa makan .

3.  他家太遠,所以我不想去。
Tā jiā tài yuǎn, suǒyǐ wǒ bùxiǎng qù.
Rumahnya sangat jauh , maka aku tak ingin pergi .( ke sana )

Semoga bermanfaat 😘

Tetap semangat..
加油
Xie xie
謝謝

Baca juga :
Kalimat Tentang Puasa Dalam Bahasa Mandarin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel