Bawah header

Perbedaan Mandarin Traditional Dan Simplified

Belajarmandarin15.blogspot.com - Penulisan huruf mandarin / hanzi terbagi menjadi 2 yaitu :
1 . Hanzi tradisional
2 . Hanzi sederhana / simplified

Lalu apa sih perbedaan di antara keduanya ?

Nah,di sini kita akan membahas perbedaan diantara keduanya.

Simak yuk :

1 . Hanzi Tradisional

Aksara Tionghoa tradisional(正體字)zheng ti zi atau disebut juga 繁體字(fan ti zi)atau aksara kompleks /aksara rumit adalah salah satu dari dua set bahasa standar Tionghoa tertulis kontemporer.

Hanzi tradisional sekarang masih di gunakan secara meluas di Taiwan.Hanzi tradisioanal juga digunakan dalam bahasa Korea,dan aksara aksara yang telah sedikit disederhanakan juga digunakan dalam bahasa Jepang.

Jadi intinya Hanzi Tradisional merupakan hanzi yang pertama kali digunakan oleh seluruh orang Tionghoa sejak jaman dulu . Sesuai deskripsi di atas hanzi ini memang sangat sulit dipelajari karena terlalu banyak guratan atau goresan .Tapi jangan salah ,dibalik bentuknya yang rumit tersimpan keindahan tersendiri yang tidak ada pada hanzi Simplified.


2 . Hanzi Sederhana / Simplified

Aksara Tionghoa Sederhana (简体字),jian ti zi atau di sebut juga 简化字,jian hua zi adalah hanzi Tradisional yang secara resmi disederhanakan oleh Pemerintah Republik Rakyat Cina dalam rangka meningkatkan kemampuan baca tulis masyarakat luas.

Jumlah guratan yang lebih sedikit dan sederhana diharapkan mampu memudahkan masyarakat untuk mempelajarinya.Namun dalam perkembangannya penyederhanaan ini justru menimbulkan banyak kerancuan bagi pembaca tradisional dan menghilangkan keindahan artistiknya.

Untuk selanjutnya negara negara di dunia menggunakan hanzi Simplified kecuali untuk hal hal tertentu seperti nama toko, kaligrafi dan lain sebagainya.Termasuk negara kita tercinta juga menggunakan Hanzi Simplified .

Sementara untuk negara Taiwan tetap menggunakan hanzi tradisional  sampai sekarang.

Kesimpulan :

1 . Agar lebih mudah membedakan kita simpulkan bahwa pada Hanzi Tradisional guratannya lebih banyak di bandingkan Hanzi Sederhana.

2 . Sesuai namanya Hanzi Sederhana memiliki guratan yang lebih sedikit dibanding Hanzi Tradisional

3 . Di antara keduanya meskipun guratannya berbeda tetapi artinya tetap sama dan juga ada beberapa hanzi yang tetap sama.

Untuk melihat perbedaan tulisan secara jelas silakan klik link berikut :
HANZI TRADISIONAL VS SEDERHANA PART 1.

Teman teman tidak usah merasa bingung , teman teman tinggal mempelajari mana yang digunakan di tempat sobat sekarang atau sesuai yang di butuhkan . Karena pada dasarnya antara keduanya hampir sama hanya sedikit berbeda dalam jumlah guratannya. Bahkan banyak juga yang sama ,tidak berubah.

Dan saya yakin teman teman lama lama akan mampu menguasai keduanya.

Tetap semangat .
Jia you . 加油😀😀

Berikut ini adalah link pdf untuk belajar  Chinese Tradisional :
MANDARIN TRADISIONAL.

Dan untuk Chinese Simplified bisa dilihat di sini :
MANDARIN SIMPLIFIED.

Tak ada kata terlambat untuk belajar 😘

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel